MTs. Negeri 16 Jakarta

Jl. Gading Raya I Pisangan Timur Jakarta Timur

Unggul dalam pembelajaran berbasis IPTEK dan berlandaskan IMTAQ

KANWIL KEMENAG DKI JAKARTA SEGERA BUKA PPDB MADRASAH NEGERI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Selasa, 25 Mei 2021 ~ Oleh MTs Negeri 16 Jakarta ~ Dilihat 2388 Kali

Mulai 27 Mei 2021 Kantor Wilayah Kementerian Agama  Prov. DKI Jakarta membuka  PPDB Madrasah untuk tingkatan MIN, MTsN, dan MAN. PPDB yang diselenggarakan isecara online ini melalui beberapa tahapan.

I. TAHAPAN PERTAMA

Tahapan pertama diawali dengan proses pembuatan akun oleh calon peserta didik baru yang dimulai tanggal 27 Mei hingga 6 Juni 2021 di web https://ppdb-madrasahdki.com.

Untuk Calon Peserta Didik Baru yang berdomisili dan asal Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD) di DKI Jakarta melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a) Akses situs https://ppdb-madrasahdki.com
b) Input Nomer Peserta SIDANIRA;
c) Input NIK;
d) mencetak tanda bukti pengajuan akun yang berisi Nomor Peserta dan PIN/Token untuk Aktivasi.

Untuk Calon Peserta Didik Baru yang berdomisili dan asal Madrasah/sekolah di luar DKI Jakarta, berdomisili di dalam DKI dan asal Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD) di luar DKI, serta berdomisili di luar DKI dan asal Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Sekolah Dasar (SD) di dalam DKI melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a) Akses situs https://ppdb-madrasahdki.com
b) Input NIK;
c) Input Nilai Raport;
d) Mengunggah Dokumen :
1) Kartu Keluarga;
2) Rapor Kelas 4 semester 1 dan 2, Kelas 5 semester 1 dan 2, dan kelas 6 semester 1 MI/SD/Paket A/ Program Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah tingkat Ula atau Surat Keterangan Yang Berpenghargaan Sama (SKYBS) ;
3) Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak tentang keabsahan dokumen dari orang tua/wali calon peserta didik baru bermaterai Rp.10.000,-
e) Mencetak tanda bukti pengajuan akun yang berisi Nomor Peserta dan PIN/Token untuk Aktivasi.

Calon Peserta Didik Baru/Orang Tua/Wali yang telah memiliki PIN/Token dapat melanjutkan ke tahapan aktivasi PIN/Token pendaftaran dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
a. mengakses situs publik PPDB Daring DKI Jakarta di https://ppdb-madrasahdki.com;
b. melakukan aktivasi akun dengan cara klik tombol Aktivasi dengan cara input Nomor Peserta dan PIN/Token;
c. menganti PIN/Token dengan password; dan
d. setelah melakukan aktivasi PIN/Token dilanjutkan dengan fase pendaftaran;
e. Calon Peserta Didik yang berdomisili dan asal Madrasah/sekolah di luar DKI Jakarta, berdomisili di dalam DKI dan asal madrasah/sekolah di luar DKI, serta berdomisili di luar DKI dan asal madrasah/sekolah di dalam DKI, aktivasi PIN hanya bisa dilakukan setelah pengajuan akun diverifikasi admin PPDB Kanwil.

II. TAHAPAN KEDUA

Calon Peserta Didik Baru/Orang Tua/Wali yang telah melakukan aktivasi PIN/Token dapat melanjutkan ke tahapan pendaftaran secara Online atau daring dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
a. mengakses situs publik PPDB online Madrasah DKI Jakarta di https://ppdb-madrasahdki.com;
b. melakukan login dengan cara input Nomor Peserta dan PIN/Token;
c. memilih madrasah tujuan;
d. mencetak tanda bukti pendaftaran.

Adapun persyaratan calon peserta Didik Baru kelas 7 (tujuh) MTsN adalah :
1) Berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli 2021;
2) Memiliki Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) MI/SD/Program Paket A/Program Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah tingkat Ula atau bentuk lain yang sederajat; dan
3) Khusus bagi calon peserta Didik Baru baik warga negara Indonesia atau warga negara asing untuk kelas 7 (tujuh) yang berasal dari Sekolah di luar negeri wajib mendapatkan Surat Keterangan Kesetaraan Ijazah dari Kementerian Agama atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada beberapa Jalur Pendaftaran dalam PPDB untuk jenjang MTsN, yang secara ringkas detail jadwalnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs,H.FAHRURROZI, M.Pd

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat Datang Di MTsN 16 Jakarta , Pada Masa kini sangat penting system informasi berbasis internet, maka website…

Selengkapnya