MTs. Negeri 16 Jakarta

Jl. Gading Raya I Pisangan Timur Jakarta Timur

Unggul dalam pembelajaran berbasis IPTEK dan berlandaskan IMTAQ

KETELADANAN RASULULLAH SAW

Sabtu, 31 Oktober 2020 ~ Oleh MTs Negeri 16 Jakarta ~ Dilihat 50491 Kali

 

" Dan tidak Kami utus seorang Rasul kepadamu kecuali menjadi rahmat seluruh alam semesta ". Inilah dasar mengapa Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT sebagai seorang Rasul di bumi ini. Tujuannya adalah untuk menjadi penerang dan pemberi rahmat serta keselamatan bagi ummat manusia di bumi ini.

Betapa besar perjuangan Rasulullah SAW dalam menegakkan kebenaran, ini terlihat dari mulai diangkat menjadi seorang Rasul pada usia 40 tahun. Banyak kafir Quraisy yang menganggap Nabi Muhammad SAW gila dan tidak benar karena mengajar menyembah Allah SWT. Pada periode Mekkah selama 10 tahun Rasulullah belum banyak mengislamkan kafir Quraisy.

Setelah hijrahnya Rasulullah SAW ke kota Madinah dan diterima dengan baik oleh penduduk disana. Mulai Rasulullah menyebarkan ajaran Islam keseluruh kota Madinah. Di kota Madinah inilah Rasulullah membangun Masjid Quba dan Masjid Nabawi.

Setelah tahun 8 hijriyah Rasulullah pergi haji ke Mekkah dengan aman dan damai. Sejak itu penyebaran Islam semakin besar dan keteladan Rasulullah SAW semakin terlihat. Rasulullah tidak membeda bedakan ummat Islam dengan kafir Quraisy dalam bidang sosial, ekonomi dan perdagangan. Keramahannya inilah menyebabkan banyak kafir Quraisy yang masuk kedalam Islam.

Salah satu kisah yang menginspirasi kita adalah saat Rasulullah sedang tidur dibawah pohon kurma. Saat itu Dustur seorang kafir Quraisy menghunuskan pedangnya. Dia berkata " Siapakah hai Muhammad yang akan menolongmu ". Rasulullah SAW menjawab " Allah ". Seketika pedangnya terjatuh, dan Rasulullah SAW mengambilnya dan menghunus pedangnya kepada Dustur dan berkata " Siapakah hai Dustur yang akan menolongmu? ". Seketika Dustur gemetar dan akhirnya masuk kedalam Islam.

Banyak Keteladanan Rasulullah yang dapat kita ambil dari mempelajari Sirah Nabawiyah dan sungguh menjadi contoh bagi kita ummatnya.(Samsudin Simatupang/i) 


KOMENTAR

Aqilah Himmatul aulia - Kamis, 25 Februari 2021

Semoga kita semua bisa bersama dengan nabi Muhammad di surganya Allah nanti

Linimasaade - Minggu, 20 Desember 2020

Masha Allah tabarakallah Rasulullah tercinta inpirasi bagi semua umat.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. Sutriyanto

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat Datang Di MTsN 16 Jakarta , Pada Masa kini sangat penting system informasi berbasis internet, maka website…

Selengkapnya