• MTS NEGERI 16 JAKARTA TIMUR
  • Unggul dalam Prestasi dan Pelaksanaan Keagamaan Berbasis IPTEK dan IMTAQ

VISI DAN MISI

VISI MADRASAH

“Unggul dalam Prestasi dan Pelaksanaan keagamaan berbasis IPTEK dan IMTAQ”

 

Indikator visi:

Terbentuknya siswa unggul dalam Imtaq

Terwujudnya akhlak mulia, keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta berlomba-lomba dalam kebaikan. 

Program:

  • Melaksanakan salat dhuha berjama’ah dan istighosah setiap hari Senin sampai Jum’at;
  • Muroja’ah   AL Qur’an   sesuai target hafalan kelas, dilaksanakan setiap hari sebelum jam pertama;
  • Membaca dan menghafal tahlil dan do’anya setiap selesai sholat Dhuhur dan Ashar berjama’ah;
  • Melaksanakan kegiatan Kajian Kitab Kuning dan Kegiatan keputrian di hari Jum’at;
  • Rutin mengikuti kegiatan peringatan hari besar Islam (Tahun Baru Islam, Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, dan lain-lain)Berakhlakul mulia:
  • Siswa berbicara dan berperilaku sopan pada orang lain
  • Siswa Berbakti pada orang tua dan guru

Siswa berperilaku jujur dan amanah

Program :

  • Pembiasaan pemberian pesan moral kepada siswa setiap pembelajaran
  • Pembiasaan 6S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Silaturrahim) dalam menyambut kehadiran siswa di pintu gerbang dengan sistem piket guru setiap pagi.
  • Pembiasaan mengisi absen  kehadiran  sesuai  jam  kehadiran  di  kelas masing-masing.

Disiplin Peserta didik dapat:

  • Melaksanakan dan mentaati tata tertib madrasah
  • Menjaga lingkungan madrasah
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Menggunakan dan merawat media pembelajaran dan peralatan madrasah dengan baik.

Program :

  • Menentukan jadwal seragam guru dan siswa setiap hari;
  • Menentukan jadwal kegiatan masuk, istirahat, dan pulang;
  • Melaksanakan kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan Hari Besar Nasional;
  • Melaksanakan jadwal piket kelas;
  • Melaksanakan  kegiatan  pekan  kebersihan  setiap  hari  Jum’at
  • Melaksanakan kegiatan pembiasaan (religi, literasi, dan adiwiyata) dengan tertib;
  • Mengembalikan media dan alat pembelajaran sesuai tempatnya;
  • Menggunakan media dan peralatan madrasah sesuai kebutuhan.
  • Penggunaan  sarana  madrasah  sesuai  dengan  tata  tertib  yang   ditentukan.
  • Merawat dan memelihara sarana dan prasarana madrasah dengan baik.

 

Iptek 

Terwujudnya proses pembelajaran berpusat pada siswa yang memampukan siswa kreatif. Terselenggaranya proses pembelajaran yang diselenggarakan secara kreatif yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang inovasi  untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.

Program:

  • Penggunaan IT dalam pembelajaran
  • Menggunakan CBT dalam pelaksanaan Ujian (UTS, PAS, PAT)

 

Berkarya

Terwujudnya proses pembelajaran dengan menghasilkan karya anak bangsa yang kreatif dan inovatif sesuai tuntutan zaman.

Program :

  • Melaksanakan kegiatan Businnes Class
  • Melaksanakan pembelajaran Robotik dan Coding

 

Berprestasi

Terwujudnya lulusan prestatif, berbekal keterampilan hidup dan mampu bersaing di ranah regional, nasional maupun internasional. Terwujudnya peningkatan prestasi akademik dan non akademik siswa di tingkat regional, nasional maupun internasional. Terwujudnya lulusan yang mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, Arab, Krama sederhana. Terwujudnya lulusan yang mampu melaksanakan Penelitian Ilmiah Sederhana.

Program : 

  • Bimbingan siswa berprestasi bidang sains, Matematika terintegrasi agama dalam kelas olimpiade (sesuai jadwal) setelah pembelajaran;
  • Bimbingan siswa berbakat bidang olahraga dan seni;
  • Bimbingan literasi siswa setiap hari hari dan dimaksimalkan pada hari Sabtu;

 

Melaksanakan Proyek Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin.

Indikator Visi MTsN yang berhubungan dengan karakter P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kesadaran dan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila.
  2. Terbentuknya sikap dan perilaku siswa yang mencerminkan ajaran Rahmatan Lil Alamin.
  3. erjalinnya kerjasama yang harmonis antara siswa, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membangun karakter P5 dan P2RA.
  4. Menjadi sekolah rujukan dalam penerapan karakter P5 dan P2RA.

 

Berwawasan lingkungan

Terbentuknya siswa madrasah yang punya kepedulian dengan lingkungan

Program

  • Menjaga kebersihan lingkungan madrasah setiap hari
  • Penanaman tanaman diawal semester
  • Perawatan tanaman setiap hari jumat
  • Peduli terhadap kelestarian fungsi lingkungan
  • Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih asri dan nyaman

 

MISI MADRASAH

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi tersebut:

  • mewujudkan pembelajaran yang dinamis, sinergis dan inovatif  dan menyenangkan
  • meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan   kependidikan
  • menumbuhkan semangat keunggulan bagi warga MTs Negeri 16 Jakarta
  • mewujudkan pembiasaan kehidupan islami
  • meningkatkan pembinaan kokurikuler dan ektrakurikuler
  • menghasilkan lulusan yang mampu menghafal 5 juz al quran
  • mendayagunakan sarana prasarana secara optimal.
  • menerapkan pembelajaran menyenangkan berbasis ICT.
  • meningkatkan citra madrasah
  • Menumbuhkan karakter peduli lingkungan
  • Indikator Misi MTsN Kementerian Agama yang berhubungan dengan karakter P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan P2RA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) dapat dirumuskan sebagai berikut:
    • Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin dalam setiap mata pelajaran.
    • Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dan program pengembangan diri yang membantu siswa memahami dan menerapkan karakter P5 dan P2RA.
    • Melakukan evaluasi rutin terhadap proses pembelajaran dan pengembangan karakter P5 dan P2RA.
    • Melibatkan aktif partisipasi siswa, guru, orang tua, dan masyarakat dalam program-program P5 dan P2RA.
    • Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung penerapan karakter P5 dan P2RA, seperti perpustakaan dengan koleksi buku yang berhubungan dengan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin.
    • Mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan siswa dalam melayani masyarakat dan menjalankan ajaran Rahmatan Lil Alamin.
    • Meningkatkan kerjasama dengan institusi dan organisasi terkait untuk mengembangkan dan mempromosikan karakter P5 dan P2RA.
    • Melakukan pelatihan dan pembinaan bagi guru agar dapat mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan ajaran Rahmatan Lil Alamin dengan efektif dalam pembelajaran.
    • Membuat laporan rutin mengenai perkembangan dan pencapaian program P5 dan P2RA kepada pihak-pihak terkait.
    • Mendorong siswa untuk menjadi contoh teladan dalam menerapkan karakter P5 dan P2RA di dalam maupun di luar lingkungan madrasah

 

Tujuan Madrasah

Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jakarta Timur disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jakarta Timur yang mencakup pengembangan potensi yang ada di lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jakarta Timur dan untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam bidang akademis maupun nonakademis, memelihara budaya daerah, mengikuti perkembangan iptek yang dilandasi iman dan takwa kepada Allah SWT.

Tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jakarta Timur  adalah sebagai berikut:

  • Mampu menciptakan lingkungan yang bersih, indah, nyaman dan aman kondusif terhadap pendidikan dan pembelajaran.
  • Terbentuknya kultur madrasah yang membiasakan perilaku-perilaku islami
  • Menjadi madrasah berprestasi yang selalu menjadi pilihan pertama masyarakat.
  • Mengembangkan kurikulum yang diberlakukan secara kreatif.
  • Mengembangkan kemampuan dan kinerja tenaga kependidikan.
  • Menciptakan inovasi pembelajaran sehingga KBM berjalan efektif dan efesien.
  • Melaksanakan penilaian secara berkelanjutan.
  • Meningkatkan perolehan nilai diatas standar kelulusan.
  • Lulusan dapat melanjutkan pada sekolah favorit dan berkualitas.
  • Tersedianya seluruh sarana prasarana yang dibutuhkan hingga perangkat multi media berbasis IT.
  • Terciptakan budaya baca yang semakin meningkat.
  • Melakukan penelitian dan mendokumenkan hasil dalam bentuk karya ilmiah.
  • Mengoptimalkan fungsi layanan bimbingan dan konseling.
  • Mengembangkan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler.
  • Memiliki sistem manajemen dan job deskripsi organisasi yang jelas.
  • Mengoptimalkan partisipasi masyarakat guna mutu madrasah baik fisik maupun non fisik melalui kerjasama yang saling menguntungkan

Halaman Lainnya
Profil

MTs Negeri 16 Jakarta berlokasi di Jalan Gading Raya I Pisangan Timr Jakarta Timur. MTs Negeri 16 merupakan pengganti dari MTs Negeri 6 Cawang yang berpindah ke daerah Condet Jakarta Ti

15/01/2023 21:23 - Oleh MTsN 16 Jakarta - Dilihat 574 kali