A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 38

Backtrace:

File: /home/mtss7446/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 38
Function: _error_handler

File: /home/mtss7446/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

GURU,MAU BERPERAN APA KITA | MTs. Negeri 16 Jakarta

MTs. Negeri 16 Jakarta

Jl. Gading Raya I Pisangan Timur Jakarta Timur

Unggul dalam pembelajaran berbasis IPTEK dan berlandaskan IMTAQ

GURU,MAU BERPERAN APA KITA

Senin, 30 Juli 2018 ~ Oleh MTs Negeri 16 Jakarta ~ Dilihat 191 Kali

Dunia kini telah mengglobal, dunia ada dalam satu sentuhan jari saja, kemajuan ini tentu saja akan menggeser peran manusia dialam kehidupan ini, kemajuan ini  ibarat dua keping uang satu sisi memudahkan sedangkan sisi yang lain mengancam peran kita dalam kehidupan ini.

Dua Puluh lima tahun lalu Wartel (Warung Telekomunikasi), merupakan bisnis yang laris manis dan menjanjikan, semua berebut  mengambil peluang ekonomi yang menguntungkan ini ada yang menggunakan bok ada juga dengan ruangan khusus ber ac untuk menggaet pelanggan, namun dengan adanya HP kini Wartel susah dicari musnah ditelan bumi.Begitu pula nasib telepon umum coin, hamper disetiap tempat strategis Telkom Indonesia dan Indosat mengambil peluang bisnis menyediakan telepon umum coin,kini bok telepon umum ini merana tanpa sentuhan dan antrian penggunanya seperti yang lalu.

Dua puluh tahun  lalu , hamper semua orang bangga menggunakan  merk handpon Nokia , sehingga muncul beberapa generasi Nokia Pisang hingga Nokia yang paling Mahal , sehingga Symbiannya adalah raja ponsel di seluruh dunia,kini tinggal kenangan dikalahkan oleh BlackBerry dengan raja Chattingnya semua orang meminta Pin BB, namun sekarang sudah tertinggal karena kehadiran WhatsApp dan LINE.Begitu pula dengan Yahoo! adalah raksasa dunia internet,kini telah tergerus dengan kehadiran Google.

Demikian juga dunia media surat kabar, dahulu Pos Kota rajanya iklan baris dan kolom iklan,kini menurun oplahnya dengan kehadiran aplikasi  Buka Lapak,Shopee ,Tokopedia,Bibli ,instagram dan seabreg aplikasi lain.

Dahulu investasi niaga hanya milik orang kaya dan berduit,kini anda dapat menjadi pengusaha hanya dengan modal relasi,kemauan ,keuletan dengan modal Rp 100.000 dan smart phone saja bisa jadi pemain usaha dengan aplikasi Kudo.

Bagaimana profesi guru, kini sudah muncul ruang guru online,dimana seluruh pelajaran dan PR dapat ditanyakan melalui online ,semakin kita banyak member PR maka layanan ruang guru akan semakin laris,maka kalo kita hanya sekedar fasilitator pembelajaran bukan tidak aneh jika profesi kita kelak akan tergantikan oleh aplikasi.

Guru zaman ini harus bergegas untuk berbenah diri jika tidak ingin perannya tergantikan aplikasi,Jabatan guru mungkin tetap tidak tergantikan sebagai seorang Murobbi (pembimbing karakter mulia dan keteladanan sikap sholeh karena aplikasi tidak akan mampu membimbing karakter , jika kita selama ini menempatkan guru yang mengajar dan membimbing karakter siswa maka yakinlah kita tidak perlu mengalami kekhawatiran kehilangan peran ini ,Jika anda menempatkan diri sebagai mualim (maka anda harus menambahkan kompetensi spiritual dan tingkat keteladanan yang tinggi) karena mualim hanya diperoleh dari pengakuan anak didik anda mau ada aplikasi atau tidak tidak berpengaruh dengan posisi anda,  dan Jika anda hanya seorang mudaris penyampai ilmu pengetahuan saja kepada anak didik anda maka bersiap-siaplah anak didik akan lebih dahulu mengetahui sebelum diajarkan, mereka mungkin tidak akan semangat mengikuti pembelajaran anda karena sudah mengetahui lebih dahulu sebelum anda hadir di kelas.

Jika kita bertugas hanya seperti tuntutan pada Bab XI Pasal 39 Ayat (2) Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,  Pasal 20 Undang-Undnag No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Pasal 52 Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru,yakni :Merencanakan pembelajaran,Melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, Membimbing dan melatih peserta didik / siswa, Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada kegiatan pokok yang sesuai, Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan.maka yakinlah tugas guru hanya melayani kompetensi belaka.

Namun jika kita menjadikan diri sebagai amanah Pasal 6 Undang-undang no 12 tahun 2005 tentang guru dan dosen maka  Kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab,maka yakinlah secanggih apapun aplikasi dan IT menyerang dunia pendidikan guru Murobbi masih tetap dibutuhkan.

Karena itu jadikanlah kita guru Murobbi yang senantiasa mengutamakan karakter iman dan takwa dan berakhlak mulia, ilmu anak didik boleh mencari dari aplikasi manapun ,namun keteladanan,karakter mulia,bimbingan akhlak mulia hanya diperoleh dari guru yang mengajarkan karakter dan keteladanan, jadikanlah dirimu teladan agar kemuliaan pribadi anda menjadi amal jariah pada anak didik anda.(Drs.Saifudin Zuhri)